25.6.10

Ariel oh Ariel.. Terimakasih, kau menyadarkan kami..

Gara - gara gaya bahasa tulisanku yang terakhir terlalu vulgar, aku jadi dapat komen dari banyak pihak. Ada yang bilang, gaya bahasa tulisanku 'ngariel'
'Ngariel', kata mereka sudah bisa mensubtitusi kata 'mesum'. Makin kreatif aja anak muda jaman sekarang, suka bikin vocab baru. Kasian kan para ahli bahasa kita, yang udah susah payah berkonferensi buat menyempurnakan isi kamus EYD. Dimana donk rasa hormatmu pada mereka wahai anak muda??! Haha
 
Nah lo, denger nama Ariel, jadi tergelitik juga nih buat bahas kasusnya, yang kalo Om Tukul bilang 'fenomenal, bombastis, spektakuler, Luaarrr Biasa'.
Mengingat tiap hari dari yang baru buka mata, sampai ntar malem mo merem yang dimediakan cuma Ariel, Ariel, Ariel.. oh Ariel...(ngiler, ngiler, garuk tembok, jedotin jidat)
Sampai adek ku yang paling imut dan sok innocent itu tanya : 
'mbak, mbak, film nya Ariel itu apa nyaingin filmnya Twillight sih ?? Penasaran deh pengen download.. '
Sambil ngelus jidat, aku mikir : Gosh, anak ini perlu di waspadai juga kalo lagi menginvasi laptop sama modem.

Anyway, maklum juga sih kalo adekku yang slama ini kukira sangat polos itu mulai penasaran sama videonya Ariel. Gimana engga, liat deh, media selalu saja menggembar-gemborkan kasusnya, bukannya cuma 'memberitakan' tapi kesannya malah 'mem-blow up' informasi biar jadi 'WoW'.

Tapi, emang deh harus diakui, peran media itu sangat-sangat-sangat major di jaman yang hi-tech ini. Bayangkan, kalo mereka sedikit saja mengubah informasi, informasi-informasi penting bisa jadi gak penting, and vice versa. Singkatnya, mereka mempunyai semacam 'power' untuk melakukan 'blow up' suatu informasi, sekaligus melakukan 'deleting'.
Haduh, haduh, sekarang kudu hati-hati deh sama wartawan. Sedikit saja ada salah sama mereka, bisa-bisa jadi 'nitemare'. Sedikit hiperbolis, tapi liat aja tuh , dulu ketika status Twitter Luna Maya mendiskreditkan profesi mereka. See, mereka jadi semangat banget memperkarakan kasus-kasusnya. 

Makanya, engga heran kalo gaji wartawan di western sana udah nyaingin gaji dokter disini. Apalagi kalo artikel yang mereka buat itu bisa membius pembaca dan menciptakan rating tinggi. Huhh.. benar- benar, the power of media dah. Meski begitu, engga semua wartawan kaya gitu, banyak kok dari mereka yang bekerja berlandaskan kejujuran, mereka menyampaikan pesan pada masyarakat sesuai dengan fakta. Dan sejak kecil sebenarnya aku juga punya cita-cita jadi wartawan. Alasannya, karena jadi wartawan itu enak, kemana-mana dapet fast and free akses (haha, dasar muka gretongan). Pengen kaya Reporter Nababan yang bisa masuk ke Gedung Putih buat mewawancari Om Obama secara face to face (mupeng mode:ON). 

Tapi sayang, cita- cita mulia itu ditentang berbagai pihak karena pertimbangan resiko. Hiks!

Back to main topic, sekarang pertanyaannya adalah:

Kenapa ya yang berbau 'sex' itu selalu jadi 'hot issues' ?
Buktinya, video-nya Ariel yang berdurasi paling banter 8 menit itu bisa jadi trending topic sampai ke manca.
keren boooo', didalam negeri bisa ngalahin kasus Gayus, di manca bisa ngalahin World Cup fever. Thumbs up deh buat bang Ariel (sepuluh jempol kambing kudisan).
Dan berikut sekaligus alasan, mengapa judulnya harus berterimakasih pada Ariel..

Menurut saya, jawaban dari pertanyaan diatas kurang lebihnya adalah sbb:
1. Karena kurangnya pendidikan moralitas bagi anak bangsa Indonesia.
2. Karena kurangnya pendidikan seks, dan seks itu masih dibilang tabu.
3. Karena semakin jamannya maju, semakin besar coriousity masyarakat, dalam hal apapun termasuk seks, alhasil sekalinya ada pelanggaran yang terkait dengan seks , langsung deh booming.
4. Karena emang bawaan orok, orang suka nggosip and suka ngomongin boroknya orang lain. Jadi ya gini ini, jadi gencar tuh video mesum yang durjana.
5. Karena pada dasarnya seks itu topic yang hot ya, jadi emang, secara alamiah ya bakalan jadi hot. (jawabanku mulai melenceng, haha)


nah, kalo sekarang diurai jawaban diatas, maka akan didapat analisis sbb :
1. Pendidikan moral bagi anak itu sangat penting. Kenapa? Karena semua hal dalam hidup ini selalu berkaitan dengan moral, akhlak, budi pekerti. Disini, pendidikan moral bisa ditanamkan sejak kecil, sejak dari lingkup keluarga. 
Pendidikan moral itu bukan hafalan kaya rumus matematika, tapi lebih ke pengertian. Pengertian yang menekankan bahwa semua hal itu selalu dinilai. Dan penilaian itu hanya ada dua, penilaian baik dan penilaian buruk. Oleh sebab itu, baiknya kita menjaga diri untuk selalu berperilaku baik agar kita juga dapat penilaian baik, baik oleh Tuhan YME maupun masyarakat. Salah kaga yaaa aku mendeskripsikan pendidikan moralnya... udah browsing di wiki, tapi dapetnya malah tahap perkembangan moral.

2. Karena TABU, Harus TAHU! Kebetulan nih, aku baru aja selesai baca bukunya Novita Pratiwi itu. Warnanya pink mencolok, gambar cover booknya lucu, animasi cewe cuma pake tanktop kliatan puser lagi niup kondom bocor. Judul sama covernya attractive, jadinya pengen baca (sometimes, aku penganut, judge a book by its cover). 
Isinya cukup 'membekali', intinya emang pendidikan seks itu sangat crucial buat perkembangan anak, mulai dari bayi. 
Coba deh, inget ibu kita dulu jawab apa ketika kita tanya: bu, kok mas Adam punya belalai ya? kok adek gak punya? (haha dasar odong- odong cerdas)... 
inget-inget lagi deh, jawaban ibu waktu itu 'menjawab' pertanyaan kita gak sih? kalo 'menjawab' berarti beliau sudah menanamkan pendidikan seks kepada kita sejak dini. Tapi kalau belum, giliran kita besok nih, jangan sampai engga punya jawaban buat anak kita ya...(ayoo calon bunda cerdas, buka kamus sex terms mulai sekarang)

3. Pernah engga sih, mencari benang merah antara perkembangan jaman dengan coriousity terhadap seks? Kalau aku, jawabannya adalah 'sering'. hahaha
Eits, jangan menghakimiku dulu ya.. 
Simple ajalah, dengan asumsi : jaman yang semakin maju, ditandai dengan akses internet yang mudah dijangkau everywhere, everytime, maka wacana berikut bisa jadi renungan bersama dalam kaitannya dengan seks coriousity. 
Berdasarkan petikan ceramah Pak Kepala Puskom UNS (aku lupa namanya) waktu briefing SoloDestination Comitee, beliau mengaku prihatin sekaligus kecewa berat ketika mengecek main server internet di Puskom. Sambil berdecak beliau bilang, hampir 80% mahasiswa yang datang dan mengakses internet di Puskom itu hanya membuka situs tak layak akses.  Apa mereka engga tau kalo semua alamat yang mereka klik itu ada yang ngecek? Selamat dapet malu deh, buat yang baru tau..
Pendapat beliau ini, sekaligus menguatkan pendapat pribadiku tentang seks dan jaman yang semakin maju. Dulu, jamannya jadi operator warnet, aku sering ngeluh sama temen kerjaku yang dapat shif malem; 
temenku itu namanya Elvis, tapi aku suka manggilnya kopete (istilah sofware messenger kalo pake linux) aslinya dari Manado, jadi dialog berikut berlogat Manado yang unik (lucu dan udik, :P);

aku : Kopetee, heran deh aku, tiap siang kok sepi amat ya warnet kita ini, bisa- bisa   
        potong gaji terus kalo kita gak dapet target harian...(gejrugjegruggulunggulung)
Elvis : Calm down, cik.. Ntar malem gue genjot inputnya biar targetnya kena kejar...
        (sambil senyum2 licik)
aku  : Emang kau punya strategy apa lagi, Kopeteee?
Elvis : Itu, lo share aja dokumen sama kompie nomer 1, tapi inget jangan jerit-jerit yaa..
        (sambil nunjuk2 bilik no1)

Dan betapa terperanjatnya aku, ketika mendapati puluhan Video Ngariel di hard disk kompie no.1 tsb. Kata si Kopete sahabatku itu, kalo malem emang suka rame,  karena user pada donlod blue film. Aku melongo.. 
So what da ya think? semakin maju jamannya, semakin laris konten seksnya. 

4. Sadar engga sih, kalo emang kenyataannya kita suka banget sama yang berbau gosip?? Udah ngaku aja deh, kebukti kan, kemarin pas panasonic awards yang dapet rating tinggi malah acara infotainment2. Hahaaa.... Itulah manusia... gajah di pelupuk mata gak kliatan, kuman yang disebrang lautan kliatan jelas karena dikupas tuntas setajam silet :)


5. Oke oke, jawaban nomer ini, biar kalian yang menganalisa sendiri :)


Dan mengapa kita harus berterimakasih pada boomingnya video Ariel ?
Karena dengan boomingnya video yang dia buat itu di masyarakat, kita jadi sadar, betapa kita sangat kurang membekali diri kita dengan pendidikan moral, serta pendidikan seks tentunya.

Diary of an ordinary
25/06/2010
Ikha Oktavianti

0 comments:

Post a Comment